Selasa, 24 April 2012

.. manfaaT berhuTang .. "kaTa @shitlicious" ..

Diposkan oleh Rindhi Andhika Lukman di 08.37

ini arTikeL aku ambiL dari bLOg nya bang aLiTT susanTO aLias @shiTLiciOus .. bukan mau cOpas LOh .. cuma mO sheerr aja di bLOg akuu .. *sami rawOOn kaLee* .. Lucu aja sih ma juduLnya "manfaaT baik berhuTang" bener2 ini bang aLIT .. nih kaLO mO LiaT bLOg bang aLiT Langsung ajah  cLick here  dannn kaLO mO LiaT arTikeL asLinya yOOOkk cLick here 

Manfaat Baik Berhutang

 Gue adalah tipikal orang yang nggak bisa semangat, kalo nggak punya utang. Kalo nggak punya utang, seakan-akan gue ini nggak punya tujuan hidup. Karena kata eyang gue,
"Dalam tubuh yang semangat, Terdapat utang yang berlipat"
Itulah kenapa, gue suka ngutang dari hal-hal kecil, sampe ke hal-hal gede. Contohnya kemaren, gue ngutang es teh ke si @poconggg, meskipun akhirnya ditagih-tagih sampe twitter.. -______-

Nah, mungkin banyak yang nggak suka sama orang-orang yang berhutang. Padahal, hutang itu punya banyak manfaat baik loh.. Mari kita kidot!


1. Menjaga Silaturahmi

Ini adalah salah satu manfaat baik dari ngutang. Jadi kasusnya, dulu gue diputusin sama calon gebetan gue. Nah, orang-orang kalo abis putus, biasanya kan nggak pernah mau ketemu atau berkomunikasi lagi kan. Tapi karena gue punya utang pulsa ke mantan calon gebetan gue itu, akhirnya dia terpaksa nagih-nagih mulu tiap hari.

Tiap pagi dia selalu SMS:
 "Litt, bangun.. Sarapan.. dan Bayar utang dong!"

Kalo malem, dia juga rutin SMS:
"Jangan tidur malem-malem yah.. Aku nggak mau kalo sampe kamu sakit.. Biar kamu bisa bayar utang.."

Itulah wujud indahnya silaturahmi, kawan..

2. Bikin Semangat

Tentu, orang yang punya utang itu bakal lebih semangat buat nyari duit. Bayangin gini deh..
Elo nunggak duit kost 3 bulan, ibu kost udah ngejar-ngejar elo. Kalo nggak bayar, elo bakal diusir secara paksa. Nah, karena udah kepepet kayak gitu, elo bakal nyari duit dengan lebih giat kan?
Atau, elo utang bensin seliter ke pacar, terus pacar elo nagih dan ngancem. Kalo elo nggak bayar utang elo, elo bakal diputusin. Nah, di situ elo bakal lebih semangat nyari duit buat bayar utang kan?
Sehingga dengan berhutang, tujuan hidup kalian bakal lebih jelas. Tiap bangun tidur, kalian nggak cuma bengong. Tapi langsung mikir:

"Hari ini pake cara ngeles gimana ya?"

"Hari ini gue kabur ke mana ya?"

"Hari ini ngutang di warteg mana ya?"

Terus, gimana biar tetep semangat gitu? Caranya simpel.. Cari hutangan baru, untuk menutup utang yang lama.. Niscaya, elo bakal selalu semangat!

3. Melancarkan PDKT

Ini buat kalian yang lagi PDKT sama seseorang. Kan kalo lagi PDKT, kadang ada tuh orang yang kita gebet, ilfeel dan menjauh gitu aja. Jadi, kita bisa menghindari kasus seperti di atas dengan cara ngutang ke dia. Dengan kalian punya utang ke dia, dia gak bakal ngejauhin kalian. Karena dia pasti bakal nagih terus tiap hari. Karena tiap hari dia nagih utang, komunikasi kalian juga jadi lancar. Tiap hari bisa ngobrol dan endingnya kalian bisa makin ngerti satu sama lain. So, kalo rencana ini berjalan mulus, Insyaallah proses PDKT kalian juga bakal mulus..

4. Memperkuat Rasa Saling Percaya

Buat yang suka ngutang, mungkin kalian tidak menyadari bahwa utang bisa memperkuat rasa percaya orang ke elo. Misalnya elo utang duit 100ribu ke temen elo buat tarohan bola. Terus malemnya elo menang, setelah elo menang, elo langsung balikin duit temen elo, ditambah duit 10ribu sebagai rasa terima kasih elo ke temen elo. Dengan begitu, temen elo bakal ngerasa sangat percaya sama elo, bahwa elo kalo ngutang bakal dibalikin tepat waktu + bonus. Kalo udah kayak gitu, niscaya persahabatan kalian bakal semakin hangat. Karena persahabatan itu pondasi utamanya adalah rasa saling percaya.

5. Mengasah Kreatifitas

Orang yang sedang berhutang itu, tanpa sadar sedang mengasah kreatifitas mereka. Kok gitu? Soalnya, orang yang lagi ngutang itu bakal selalu muter otak buat nyari alasan-alasan baru demi menunda pembayaran utang. Mulai dari alasan paling murahan kayak:

"Maaf, aku belom bisa bayar hutang.. Akhir-akhir ini ketombeku lagi ganas-ganasnya.. duitnya abis buat beli shampoo mulu!"

Sampe alasan paling mutakhir seperti:

"Jadi kemaren gue ke ATM, mau ngambil duit buat bayar utang. Tapi di tengah jalan, gue ketemu seseorang yang menawarkan gue buat gabung di MLM. Kata dia, kalo gue gabung di MLM, gue bakal bisa beli kapal pesiar. Nah, karena tertarik, duit yang harusnya buat bayar utang elo itu, sekarang gue pake modal MLM dulu.. Ntar kalo downline gue udah banyak, pasti gue balikin duit elo sambil gue ajak jalan-jalan pake kapal pesiar gue keliling Monas deh!"

Lihat kan? Utang itu dapat mengasah kreatifitas!

6. Bisa Digunakan Untuk Menguji Kesabaran

Dalam berteman, kadang kita bingung buat bedain mana yang temenan sama kita secara tulus dan enggak. Padahal cara nebaknya simpel. Temen yang selalu sabar menghadapi kita dalam segala suasana, itu adalah temen yang sebenernya. Termasuk temen yang selalu sabar kalo dia nagih utang dan kita jawab: 
"Iya.. sabar ya.. Paling lambat, 8 tahun lagi gue bayar kok.. Janji gue! Oke?"

Kalo dia ngamuk, artinya dia bukan temen yang sebenarnya. Jauhin aja!

7. Menambah Pahala Orang

Yup.. Kalo orang mau ngutangin duitnya ke orang lain, itu sama aja membantu. Dan orang kalo membantu orang lain, pastinya Tuhan bakal ngasih pahala. Nah, makin lama kita ngutang ke orang, makin banyak juga pahala yang didapat oleh orang itu. Kalo kita ngutang ke banyak orang, artinya kita nambahin pahala banyak orang juga. Tuh.. Tanpa sadar, ngutang ternyata bisa jadi perbuatan mulia kan?
Yap! Itu tadi baru SEDIKIT dari manfaat-manfaat baik ngutang. Buat kalian yang punya utang, berbahagialah karena kalian sedang mengumpulkan pundi-pundi pahala dengan tetap menjaga silaturahmi dan selalu semangat menjalani hidup.. Buat kalian yang belom punya utang, buruan deh mulai kebiasaan baru dengan hidup penuh hutang.. Niscaya hidup kalian bakal berubah menjadi lebih berwarna dan nggak ngebosenin!

Kalo kalian punya pengalaman positif karena ngutang, jangan ragu-ragu buat share di comment box yak! :D

SEMANGAT!!

0 komentar:

Poskan Komentar

.. Thanks (^_^)v ..

.. Thanks (^_^)v ..
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Story Of My Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review