Sabtu, 10 November 2012

.. Selamat Hari Pahlawan ..

Diposkan oleh Rindhi Andhika Lukman di 23.49

Taraaaaaaaa ..

Tanggal berapakah hari ini ??  10 – 11 – 2012 “ woooooowww  *Lebaayyy deeeh* 

Hari ini sabtu tanggal 10  bulan 11 taon 2012 kalo di singkat 10 11 12 huuuummm cantik tuh tanggalnya dan banyak yang bilang okeeee banget nih tanggalnya .. makanya hari ini banyak bangeet orang yang nikahaaaaaan alias kondangan .. yaaaaa mungkin biar mudah di hafalin ato mudah diinget dan banyak juga di jejaring social yang update bilang waaah tanggal 101112 cocok banget kalo dijadiin tanggal buat nembak gebetan alias jadian atooo cocok banget nih tanggal untuk mutusin pacar *weeeeeh semacaaaam apaah iniiii* 

Back to natural .. .. .. .. (kemudian hening ……………………………)

Hari ini hari sabtu tanggal 10 bulan 11 taon 2012 .. huuuuuum pasti sudah tau dong hari ini hari Indonesia memperingati hari apaa ?? iyaaaaakk betol si udin hari ini “HARI PAHLAWAN” (penerapan ilmu) hahahahaha ..





” HARI PAHLAWAN “ yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap Tanggal 10 November Pada saat itulah kita mengenang jasa para pahlawan yang telah bersedia mengorbankan harta dan nyawanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Sebenernya apa sih arti pahlawan ituuu ??

PAHLAWAN 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran (pejuang yang gagah berani) 

Pahlawan adalah seseorang yang berpahala yang perbuatannya berhasil bagi kepentingan orang banyak. Perbuatannya memiliki pengaruh terhadap tingkah laku orang lain, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat bangsa atau umat manusia.

Dalam bahasa Inggris pahlawan disebut "hero" yang diberi arti satu sosok legendaris dalam mitologi yang dikaruniai kekuatan yang luar biasa, keberanian dan kemampuan, serta diakui sebagai keturunan dewa. Pahlawan adalah sosok yang selalu membela kebenaran dan membela yang lemah.

Dalam cerita perwayangan dikenal tokoh Arjuna dari Pandawa dinilai sebagai pahlawan yang membela kebenaran dari kebatilan. Pahlawan juga dipandang sebagai orang yang dikagumi atas hasil tindakannya, serta sifat mulianya, sehingga diakui sebagai contoh dan tauladan.

Pahlawan sering dikaitkan dengan keberhasilan dalam prestasi gemilang dalam bidang kemiliteran. Pada umumnya pahlawan adalah seseorang yang berbakti kepada masyarakat, negara, bangsa dan atau umat manusia tanpa menyerah dalam mencapai cita-citanya yang mulia, sehingga rela berkorban demi tercapainya tujuan, dengan dilandasi oleh sikap tanpa pamrih pribadi.

Huuuuuum .. kalo udah ngomongin pahlawan aku jadi inget sama guru SMA pas waktu di Banyuwangi duluu .. pas pelajaran sejarah ibuk bilaaaaaaang ..

“ JAS MERAH “ (Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah) 


.. woooooow itu arti dari jas merah .. kalo kita ingat hari pahlawan pastinya identik sekali dengan sejarah .. *cerita dikit deeeh*

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

Inggris kemudian membombardir kota Surabaya dengan meriam dari laut dan darat. Perlawanan pasukan dan milisi Indonesia kemudian berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Terlibatnya penduduk dalam pertempuran ini mengakibatkan ribuan penduduk sipil jatuh menjadi korban dalam serangan tersebut, baik meninggal maupun terluka.

Di luar dugaan pihak Inggris yang menduga bahwa perlawanan di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo tiga hari, para tokoh masyarakat seperti pelopor muda Bung Tomo yang berpengaruh besar di masyarakat terus menggerakkan semangat perlawanan pemuda-pemuda Surabaya sehingga perlawanan terus berlanjut di tengah serangan skala besar Inggris.

Tokoh-tokoh agama yang terdiri dari kalangan ulama serta kyai-kyai pondok Jawa seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya juga mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat sipil sebagai milisi perlawanan (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kyai) shingga perlawanan pihak Indonesia berlangsung lama, dari hari ke hari, hingga dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran skala besar ini mencapai waktu sampai tiga minggu, sebelum seluruh kota Surabaya akhirnya jatuh di tangan pihak Inggris.

Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Korban dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 600 - 2000 tentara. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.

(naaaaaaaaaah begitulaaaaah anaak-anaaak sedikit cerita cikal bakal mengapa tanggal 10 november diperingati sebagai hari pahlawaan) *iyaaaa buk guruuu* hahahahahahah …………………………………………

Dan itu adalah pahlawan ketika zaman sejarah ..

Apakah di zaman sekarang masih ada pahlawan ?? masih adakah orang yang berjuang demi orang banyak, tak kenal lelah, tak kenal pamrih, berjiwa besar, dan berjiwa kesatria ?? masih adakah orang yang memberi manfaat pada semua orang-orang melalui fikiran, tenaga, harta dan hatinya ??

Sedangkan banyak kita lihat di Negara kita para pejabat tinggi, para pemimpin bangsa yang dengan bangganya melakukan korupsi, memakan uang yang seharusnya untuk rakyat. Apakah ituuuu yang kita katakana sebagai pahlawan ??
 
Tapi yang jelas masih ada pahlawan pahlawan di Negara Indonesia kita tercinta .. guru-guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang banyak memberikan ilmu dari kita kecil hingga dewasa dari kita tidak .. para polisi dan tentara yang menjaga keamanan dan ketertiban .. ayaaah .. ibuuu .. dia adalah pahlawan bagi anak2 nya .. semua orang bisa menjadi pahlawan .. bahkan kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri Pahlawan yang berguna bagi dirinya, keluarganya, lingkungannya, agamanya juga negaranya bahkan dunia .. amiiiiiiiiiiin ..


“ SELAMAT HARI PAHLAWAN “

Semoga ALLAH SWT membalas semua jasa para pahlawan .. aamiiiiiiiiiin ..

*untuk mengenang para jasa pahlawan yang telah mendahului kita marilah kita mengheningkan cipta*



sumber : google

0 komentar:

Poskan Komentar

.. Thanks (^_^)v ..

.. Thanks (^_^)v ..
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Story Of My Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review