Minggu, 01 Januari 2012

.. Tips merawaT baTik ..

Diposting oleh Rindhi Andhika Lukman di 10.13

Orang indOnesia kaaaaannn .. pasTi di lemari pakaian kalian ada baju batik dOnk .. jangan biLang Orang indOnesia kaLO gak punya baju batik .. xixixixixixi .. ^_^v .. hmmmm .. batik sekarang gak hanya jadi baju yang fOrmaL aTO yang resmi .. kiTa mO jalan ke maLL pake batik Okeee .. ngampus pake batik Okeee .. apa Lagi kaLO kOndangan pake batik .. Okeee lah .. 


naaah pasTi kiTa pernah punya masaLah dOnk kaLO batik kita kena nOda .. Jika batik terkena noda .. hilangkan dengan cara menggosoknya menggunakan sabun mandi atau kulit jeruk ..

Mencuci batik dengan menggunakan mesin cuci juga bisa merusaknya .. Makanya, perhatikan cara mencuci batik yang benar berikut ini :
cekidOOOTTT !!
  • Saat mencuci, gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran. Atau, dengan menggunakan shampo. Caranya dengan melarutkan shampo di dalam air sampai tidak ada yang mengental, lalu celupkan baju batik.
  • Pada waktu menjemur, batik yang basah tidak perlu diperas. Jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari langsung. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering. Perhatikan posisi baju saat menjemur, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.
  • Hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik sangat kusut, semprotkan sedikit air, lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika.
  • Bila ingin menambahkan pewangi atau pelembut, hindari semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu dengan koran, baru semprotkan di atas koran.
  • Simpan batik dalam plastik agar terhindar dari serangga. Saat disimpan dalam lemari jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.
Mari merawaT baTiiikk !!
^_^v

Sumber : gadis.co.id (majaLah gadis)

0 komentar:

Posting Komentar

.. Thanks (^_^)v ..

.. Thanks (^_^)v ..
 

Story Of My Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review